JAKARTA, RABU – Adalah Samsung dan Nokia Siemens Network (NSN) yang melakukannya di R&D Center NSN di Hangzhou, Cina.
Untuk uji panggilan tersebut, mereka menggunakan prototipe perangkat pengguna dan solusi infrastruktur TD-LTE NSN Flexi Multirado Base Station dan solusi jaringan inti, termasuk Flexi NS dan Flexi NG, dengan software sesuai spesifikasi 3GPP baseline Maret 09. Untuk membuktikan interoperabilitas antar perangkat dan jaringan, digunakan juga perangkat TD-LTE.
Apa sih TD-LTE? Ini adalah varian dari LTE (long term evolution, alias jaringan 4G) untuk spektrum unpaired. TD-LTE merupakan salah satu standar global yang diperkirakan akan dipakai oleh operator seperti China Mobile.
"Demonstrasi ini memastikan pengembangan kohesif dari peranti-peranti kami untuk penggelaran teknologi TD-LTE dengan lebih cepat," kata Byung-Duck Cho (Executive Vice President R&D Center, Samsung Electronics).
"Ini merupakan tonggak sejarah dalam membangun ekosistem TD-LTE," kata Marc Rouanne (Head of Nokia Siemens Networks' Network Systems business unit). Menurutnya, selain menjadi bukti interoperabilitas lengkap jaringan TD-LTE dan peranti, kesuksesan uji jaringan ini juga menunjukkan kesiapan komersial global untuk penggelaran TD-LTE, yang diperkirakan akan berlangsung pada semester kedua 2010.

0 comments

Now Playing: iwan fals - Lancar.mp3